Kisi Kisi UAS Ekonomi Kelas X Semester Ganjil

Kisi Kisi UAS Ekonomi Kelas X Semester Ganjil

Mata Pelajaran            :   Ekonomi                                                                                          Bentuk Penilaian         : Tertulis
Kelas/Program            :   X / IIS                                                                                              Jumlah Soal                 :  40 Butir
Kisi Kisi UAS Ekonomi Kelas X Semester Ganjil
Kisi Kisi UAS Ekonomi Kelas X Semester Ganjil
Nama Guru                 :                                                                                                           Bentuk Soal                :  Pilihan Ganda                                                                                                                                                                                     
NO
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Nomor Soal
Bobot Soal
Ranah
Tingkat
Kesukaran


1.


3.1   Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi


Pengertian Ilmu ekonomi Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan sumber daya yang terbatas atau langka.
Siswa dapat menyebutkan definisi ilmu ekonomi

1
1
C1
mudah








Prinsip ekonomi adalah dasar berpikir yang digunakan manusia untuk memaksimumkan suatu tujuan melalui pengorbanan tertentu, atau untuk mencapai tujuan tertentu dengan pengorbanan sekecil mungkin.

Siswa dapat menunjukkan prinsip ekonomi
2
1
C2
mudah







Motif ekonomi antara lain adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup, memperluas usaha, mendapat penghargaan dari lingkungan sekitar, ingin berkuasa di bidang ekonomi dan ingin membantu sesama.

Siswa dapat menunjukkan motif ekonomi
3
1
C2
mudah







Berdasarkan tingkat intensitas atau keharusan pemenuhan kebutuhan, kebutuhan dibedakan menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.
Siswa dapat menentukan kebutuhan berdasarkan intensitasnya
4
1
C3
sedang








Jenis kebutuhan menurut sifat pemenuhan kebutuhan Jenis kebutuhan ini digolongkan berdasarkan sasaran alat pemenuhan kebutuhan yang digunakan. Dalam hal ini, terdapat alat pemenuhan kebutuhan jasmani dan alat pemenuhan kebutuhan rohani.

Siswa dapat menentukan kebutuhan berdasarkan sifatnya
5
1
C3
sedang








Penyebab Kelangkaan:
1)   Keterbatasan benda pemenuhan kebutuhan di alam
2)   Kerusakan sumber daya alam akibat manusia
3)   Keterbatasan kemampuan manusia mengolah sumber daya ekonomi yang ada
4)   Peningkatan kebutuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan penyediaan sarana pemenuhan kebutuhan
Siswa dapat menentukan yang tidak termasuk penyebab kelangkaan
6
1
C3
sukar








Masalah ekonomi mikro adalah sebagai berikut:
1)  Barang dan jasa apa yang diproduksi
2)  Bagaimana memproduksi barang dan jasa
3)  Untuk apa barang dan jasa itu diproduksi
Siswa dapat menentukan masalah ekonomi mikro
7
1
C3
sukar


Pengertian biaya peluang
    opportunity cost adalah nilai barang atau jasa yang dikorbankan karena kita menentukan pilihan kegiatan ekonomi tertentu.
Siswa dapat menghitung biaya peluang opportunity cost
8
1
C2
sukar





Pengertian  Ekonomi Syariah menurut salah satu pakar.
Menurut Prof.Dr.Zainuddin Ali, ekonomi syariah adalah kumpulan norma hokum yang bersumber dari Alqur’an dan Hadits yang mengatur perekonomian umat manusia.
Siswa dapat menyebutkan definisi ekonomi syariah menurut Prof.Dr. Zainuddin Ali. 
9
1
C1
sedang








Salah Satu Prinsif Ekonomi Syariah Al –Amwal; Berdasarkan konsep ekonomi Syariah, Allah sebagai pemilik harta yang hakiki, sedangkan manusia bersifat relatif, artinya manusia hanyalah sebagi penerima titipan (pemegang amanah) yang kelak harus dipertanggungjawabkanya dihadapan Allah SWT.
Siswa dapat menyebutkan Al -Amwal sebagai ssalah satu Prinsif Ekonomi Syariah
10
1
C1
sedang








3.2         Menganalisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi

Masalah Pokok Ekonomi menurut pandangan Ekonomi Klasik adalah :  (Produksi, Distribusi, dan Konsumsi), dan Ekonomi Modern (What: apa. Why: bagaimana, dan For Whom: untuk siapa) barang diproduksi.
Siswa dapat membedakan perbedaan  masalah pokok ekonomi menurut pandangan ekonomi klasik dan ekonomi modern
11
1`
C2
sedang










Sistem Ekonomi Komando atau Terpusat (Etatisme  Government Planned Economy) adalah system ekonomi yang pengaturan dan pengendalian seluruh kegiatan ekonomi diselenggarakan dan diatur oleh pemerintah
Siswa dapat menjelaskan Sistem Ekonomi Komando atau terpusat  (Etatismen Government Planned Economy)
12
1
C2
sedang






Karakteristik Perekonomi Indonesia adalah system ekonomi demokrasi yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, diatur dalam UUD 1945 Pasal 33 ayat 1-4
Siswa dapat menjelaskan karakteristik Perekonomian Indonesia berdasakan Pasal 33 ayat 1-4 UUD 1945
13
1
C2
sedang






3.3     Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi

Produksi adalah kegiatan menghasilkan dan menambah nilai duna barang dan jasa
Siswa dapat menjelaskan pengertian produkisi
14
1
C2
sedang





Faktor-faktor Produksi adalah segala sesuatu yang digunakan dalam proses produksi antara lain: Sumber daya alam, tenaga kerja atau sumber daya manusia dan modal
Siswa dapat menyebutkan salah satu faktor-faktor produksi
15
1
C1
sedang





Total  Revenue : Total Penerimaan yaitu total penerimaann dari hasil npenjualan ,dan Marginal Revenue: Penerimaan Marginal adalah penambahan penerimaan atas Total Revenue sebagai akibat penambahan satu unit outout
Siswa dapat membedakan Total Revenue (TR) : Total Penerimaan  dan Marginal Revenue (MR): Penerimaan Marginal
16
1
C2
sukar


Ciri-ciri rumah tangga keluarga adalah:
1)  Rumah tangga keluarga adalah pemilik dari semua faktor produksi.
2)  Total pendapatan rumah tangga keluarga berasal dari kompensasi factor produksi yang mereka miliki.
3)  Kegiatan utama rumah tangga keluarga adalah konsumsi. konsumen.
4)  Menghabiskan total pendapatan  untuk membeli barang dan jasa yang diproduksi oleh perusahaan.
5)  Simpanan itu akan mengalir ke perusahaan dalam bentuk investasi
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri rumah tangga keluarga
17
1
C1
mudah


Karakteristik rumah tangga produsen adalah:
a)  Tidak memiliki sumber daya untuk memproduksi barang dan jasa.
b)  Modal berasal dari rumah tangga keluarga.
c)  Menggunakan faktor produksi dan melakukan kegiatan produksi, serta menjual barang dan jasa kepada rumah tangga keluarga.
d)  Membayar pajak kepada pemerintah.
e)  Tidak memiliki simpanan.
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri rumah tangga produsen
18
1
C1
mudah


Sircular flow diagram dalam dua sector; perekonomian dua sektor terdiri atas dua pelaku ekonomi yaitu rumah tangga konsumsi dan rumah tangga produksi; kegiatan ekonomi yang terjadi merupakan proses yang melingkar dan berputar.
Sisw dapat menentukan arus kegiatan Ekonomi yang merupakan arus faktor produksi dari Rumah Tangga Keluarga ke Rumah tangga Produksi
19
1
C3
sedang


Konsumsi ialah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan faedah suatu benda (barang dan jasa) dalam rangka pemenuhan kebutuhan.
Ciri-ciri benda konsumsi adalah:
1)     Benda ekonomi atau benda yang untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan,
2)     Ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup
3)     Manfaat, nilai, atau volume benda yang digunakan akan habis.

Siswa dapat menentukan  ciri-ciri benda konsumsi
20
1
C3
sedang


Teori perilaku konsumen
Hukum Gossen I
Jika pemenuhan kebutuhan akan suatu barang dilakukan secara terus menerus, rasa nikmatnya mula-mula akan tinggi. Namun, makin lama kenikmatan tersebut makin menurun sampai akhirnya mencapai batas jenuh.


Siswa dapat menjelaskan  Hukum Gossen I
21
1
C2
Sedang


Mengukur kepuasan konsumen melalui pendekatan ordinal dengan menggunakan kurva indiferensi didasarkan pada empat asumsi, yaitu sebagai berikut.
a.     Konsumen mempunyai pola preferensi akan barang-barang konsumsi yang dinyatakan dalam bentuk peta indiferensi (indifference map).
b.     Konsumen mempunyai pendapatan tertentu.
c.     Konsumen berusaha mendapat kepuasan maksimum dari barangbarang yang dikonsumsinya.
d.        Kurva indiferensi yang semakin jauh dari titik nol (origin) menggambarkan kepuasan yang semakin tinggi.
17.  
Siswa dapat menentukan satu asumsi yang tidak termasuk  mengukur kepuasan konsumen melalui pendekatan ordinal dengan menggunakan kurva indiferensi
22
1
C3
sukar


Imbalan yang diterima rumah tangga konsumsi bila memberikan faktor produksi : sumber daya alam: tanah = sewa (rent), tenaga kerja- upah, modal= bunga (interest), skill= laba (profit)
Siswa dapat menentukan imbal balas yang diterima rumah tangga konsumsi apabila menyerahkan factor produksi modal
23
1
C3
sedang


Rumah tangga pemerintah memiliki fungsi utama mengendalikan perekonomian untuk mencapai tujuan ekonomi tertentu.
Siswa dapat menentukan fungsi rumah tangga pemerintah
24
1
C3
sedang

3.4     Mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar

Menurut Prof.Dr. Winardi; “Permintaan jika dilihat dari sisi produsen adalah permintaan terhadap barang atau jasa karena diperlukan sebagai masukan atau input dalam kegiatan proses produksi, ….’
Siswa dapat menentukan  definisi permintaan dilihat dari sisi produsen menurut Prof. Dr. Winardi.
25
1
C3
sedang


Faktor-faktor  yang memengaruhi permintaan:
a.    Harga barang itu sendiri
b.    Perubahan pendapatan masyarakat
c.    Intensitas kebutuhan
d.    Perubahan peradaban
e.    Pertambahan penduduk
Siswa dapat menunjukkan factor-faktor yang tidak memengaruhi permintaan
26
1
C1 
sedang


Hukum permintaan
  Jika harga suatu barang dan jasa meningkat, kuantitas yang diminta akan menurun. Sebaliknya, apabila harga suatu barang dan jasa menurun, kuantitas yang diminta akan meningkat, “ceteris paribus.”

Siswa dapat menyebutkan hukum permintaaan
27
1
C1
mudah


Fungsi permintaan dan penawaran adalah fungsi bersifat matematis yang menghubungkan variable harga barang yang diminta (Pd) dan ditawarkan (Ps) dengan jumlah barang yang diminta (Qd) dan ditawarkan (Qs)
Siswa dapat menentukan fungsi permintaan atau fungsi penawaran
28
1
C3
sukar











Kurva permintaan adalah kurva yang menggambarkan hubungan antara harga dan jumlah permintaan atau pembelian.
Siswa dapat menentukan kurva permintaan
29
1
C3
sukar


Proses terbentuknya harga dan jumlah (output) keseimbangan adalah proses tarik menarik antara kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran atas suatu barang dengan harga dan jumlah tertentu
Siswa dapat menentukan harga keseimbangan
30
1
C3
sukar


Elastisitas permintaan dan penawaran adalah ukuran tentang perubahan permintaan maupun penawaran yang dipengaruhi oleh perubahan harga pada waktu tertentu.
Siswa dapat menjelaskan pengertian elastisitas permintaan dan penawaran
31
1
C1
sukar


Permintaan elastic adalah koefisien elastisitas permintaan lebih besar daripada 1 (E>1)
Siswa dapat menghitung koefisien elastisitas = elastis
32
1
C3
sukar


Pasar Persaingan sempurna (Perfect Competition Market ) adalah pasar di dalamnya terdappat banyak penjual, akan tetapi masing-masing penjual tidak bias memengaruhi harga pasar yang berlaku
Siswa dapat menunjukkan bentuk pasar persaingan sempurna
33
1
C1
mudah


Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna;
Pasar Monopoli adalah bentuk pasasr dimana seluruh penawaranya dipegang oleh satu penjual atau satu produsen.
Siswa dapat menunjukkan bentuk pasar persainga tidak sempurna Pasar Monopoli
34
1
C1
mudah

3.5         Mendeskripsikan bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia

Salah satu fungsi bank sentral adalah Prudential  Supervision yaitu pengawasan Bank sentral yang diarahkan agar individual bank dijaga kelangsungan hidupnya sehingga kepentingan masyarakat dapat dilindungi
Siswa dapat menentukan salah satu fungsi bank sentral yaitu Prudential Supervision
35
1
C3
sedang


Peran Bank Sentral Republik Indonesia dalam Sistem Pembayaran menurut UU No. 23 tahun 1999 adalah menjaga stabilitas nilai tukar rupiah
Siswa dapat menunjukkan  UU No. 23 Tahun 1999 tentnang peran Bank Sentral Indonesia dalam system pembayaran
36
1
C1
sedang


Jenis-jenis alat pembayaran non tunai:
1)    Cek dan Bilyet Giro  (BG)
2)    Kartu Debit (ATM)
3)    Kartu Kredit
4)    BI SKN (Bank Indonesia-Sistem Kliring Nasional)
5)    KUPU (Kegiatan Usaha Pengiriman Uang)
Siswa dapat menujukkan jenis-jenis alat pembayaran non tunai ; KUPU (Kegiatan Usaha Pengiriman Uang)
37
1
C1
sedang


Unsur Pengaman Uang Rupiah memiliki ciri-ciri berupa tanda-tanda tertentu bertujuan mengamankan uang rupiah dari upaya pemalsuan diantarnya adalag Security Thread (Benang Pengaman.
Siswa dapat menentukan tanda-tanda tertentu bertujuan mengamankan uang rupiah dari pemalsuan yaitu Security Thread (Benang Pengaman)
38
1
C3
mudah

3.6   Mendeskripsikan  lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga negara yang dibentuk berdasarkan UU No. 21 Tahun 2011 yang independen dan bebas dari campur tangan pihak lain, yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, serta penyidikan terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan.

Siswa dapat menentukan dasar hokum Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu UU No 21 Tahun 2011
39
1
C3
Sedang



Salah satu Produk Pembiayaan (Kredit) pada Bank Syariah adalah Al Bai’u Bitsaman Ajil yaitu pasilitas pembiayaan (Kredit) berupa barang dengan pembayaran di cicil sampai batas waktu yang telah ditentukan.
Siswa dapat menyebutkan pengertian Al Bai’u Bitsaman Ajil
40
1
C1
mudah
catatan : tingkat kesukaran belum menggunakan kaidah penilaian, hanya sebatas asumsi awal dalam penulisan kisi-kisi soal
Share on Google Plus

About MA NURUL HUDA

0 komentar:

Post a Comment