Mata Pelajaran            :  
Ekonomi                                                                                          Bentuk
Penilaian         : Tertulis 
Kelas/Program            :  
X / IIS                                                                                              Jumlah
Soal                 :  40 Butir
| 
NO | 
Kompetensi
   Dasar | 
Materi | 
Indikator
   Soal | 
Nomor
   Soal | 
Bobot
   Soal | 
Ranah | 
Tingkat
    Kesukaran | 
| 
1. | 
3.1  
   Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi | 
Pengertian Ilmu ekonomi Ilmu ekonomi adalah ilmu yang
   mempelajari usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang tidak
   terbatas dengan sumber daya yang terbatas atau langka. | 
Siswa dapat menyebutkan definisi
   ilmu ekonomi  | 
1 | 
1 | 
C1 | 
mudah | 
| 
Prinsip ekonomi adalah dasar berpikir
   yang digunakan manusia untuk memaksimumkan suatu tujuan melalui pengorbanan
   tertentu, atau untuk mencapai tujuan tertentu dengan pengorbanan sekecil
   mungkin. | 
Siswa dapat menunjukkan prinsip
   ekonomi | 
2 | 
1 | 
C2 | 
mudah | ||
| 
Motif
   ekonomi antara lain adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup, memperluas usaha,
   mendapat penghargaan dari lingkungan sekitar, ingin berkuasa di bidang
   ekonomi dan ingin membantu sesama. | 
Siswa dapat menunjukkan motif
   ekonomi | 
3 | 
1 | 
C2 | 
mudah | ||
| 
Berdasarkan
   tingkat intensitas atau keharusan pemenuhan kebutuhan, kebutuhan dibedakan
   menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. | 
Siswa dapat menentukan kebutuhan
   berdasarkan intensitasnya | 
4 | 
1 | 
C3 | 
sedang | ||
| 
Jenis kebutuhan menurut sifat pemenuhan
   kebutuhan Jenis kebutuhan ini digolongkan berdasarkan sasaran alat pemenuhan
   kebutuhan yang digunakan. Dalam hal ini, terdapat alat pemenuhan kebutuhan
   jasmani dan alat pemenuhan kebutuhan rohani. | 
Siswa dapat menentukan kebutuhan berdasarkan
   sifatnya | 
5 | 
1 | 
C3 | 
sedang | ||
| 
Penyebab Kelangkaan:  
1)   Keterbatasan benda pemenuhan kebutuhan di alam 
2)   Kerusakan sumber daya alam akibat manusia 
3)   Keterbatasan kemampuan manusia
   mengolah sumber daya ekonomi yang ada 
4)   Peningkatan kebutuhan yang
   lebih cepat dibandingkan dengan penyediaan sarana pemenuhan kebutuhan | 
Siswa dapat menentukan yang tidak
   termasuk penyebab kelangkaan | 
6 | 
1 | 
C3 | 
sukar | ||
| 
Masalah
   ekonomi mikro adalah sebagai berikut: 
1)  Barang dan jasa apa yang diproduksi 
2)  Bagaimana memproduksi barang dan jasa 
3)  Untuk apa barang dan jasa itu diproduksi | 
Siswa dapat menentukan
   masalah ekonomi mikro | 
7 | 
1 | 
C3 | 
sukar | ||
| 
Pengertian
   biaya peluang 
    opportunity cost adalah nilai barang atau jasa yang
   dikorbankan karena kita menentukan pilihan kegiatan ekonomi tertentu. | 
Siswa dapat menghitung biaya
   peluang opportunity cost | 
8 | 
1 | 
C2 | 
sukar | ||
| 
Pengertian  Ekonomi Syariah menurut salah satu pakar. 
Menurut
   Prof.Dr.Zainuddin Ali, ekonomi syariah adalah kumpulan norma hokum yang
   bersumber dari Alqur’an dan Hadits yang mengatur perekonomian umat manusia.  | 
Siswa dapat menyebutkan
   definisi ekonomi syariah menurut Prof.Dr. Zainuddin Ali.   | 
9 | 
1 | 
C1 | 
sedang | ||
| 
Salah Satu Prinsif Ekonomi Syariah Al
   –Amwal; Berdasarkan konsep ekonomi Syariah, Allah sebagai pemilik
   harta yang hakiki, sedangkan manusia bersifat relatif, artinya manusia
   hanyalah sebagi penerima titipan (pemegang amanah) yang kelak harus
   dipertanggungjawabkanya dihadapan Allah SWT. | 
Siswa dapat menyebutkan Al -Amwal sebagai ssalah satu Prinsif
   Ekonomi Syariah | 
10 | 
1 | 
C1 | 
sedang | ||
| 
3.2        
   Menganalisis
   masalah ekonomi dalam sistem ekonomi | 
Masalah Pokok Ekonomi menurut
   pandangan Ekonomi Klasik adalah :  (Produksi,
   Distribusi, dan Konsumsi), dan Ekonomi Modern (What: apa. Why: bagaimana,
   dan For Whom: untuk siapa) barang diproduksi. | 
Siswa dapat membedakan
   perbedaan  masalah pokok ekonomi
   menurut pandangan ekonomi klasik dan ekonomi modern | 
11 | 
1` | 
C2 | 
sedang | |
| 
Sistem Ekonomi Komando atau
   Terpusat (Etatisme  Government Planned
   Economy) adalah system ekonomi yang pengaturan dan pengendalian seluruh
   kegiatan ekonomi diselenggarakan dan diatur oleh pemerintah | 
Siswa dapat menjelaskan Sistem
   Ekonomi Komando atau terpusat 
   (Etatismen Government Planned Economy) | 
12 | 
1 | 
C2 | 
sedang | ||
| 
Karakteristik Perekonomi Indonesia
   adalah system ekonomi demokrasi yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,
   diatur dalam UUD 1945 Pasal 33 ayat 1-4 | 
Siswa dapat menjelaskan
   karakteristik Perekonomian Indonesia berdasakan Pasal 33 ayat 1-4 UUD 1945 | 
13 | 
1 | 
C2 | 
sedang | ||
| 
3.3     Menganalisis peran
   pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi  | 
Produksi adalah kegiatan
   menghasilkan dan menambah nilai duna barang dan jasa | 
Siswa dapat menjelaskan
   pengertian produkisi | 
14 | 
1 | 
C2 | 
sedang | |
| 
Faktor-faktor Produksi adalah
   segala sesuatu yang digunakan dalam proses produksi antara lain: Sumber daya
   alam, tenaga kerja atau sumber daya manusia dan modal | 
Siswa dapat menyebutkan salah
   satu faktor-faktor produksi | 
15 | 
1 | 
C1 | 
sedang | ||
| 
Total  Revenue : Total Penerimaan yaitu total
   penerimaann dari hasil npenjualan ,dan Marginal Revenue: Penerimaan Marginal
   adalah penambahan penerimaan atas Total
   Revenue sebagai akibat penambahan satu unit outout | 
Siswa dapat membedakan Total
   Revenue (TR) : Total Penerimaan  dan
   Marginal Revenue (MR): Penerimaan Marginal | 
16 | 
1 | 
C2 | 
sukar | ||
| 
Ciri-ciri rumah tangga keluarga
   adalah: 
1)  Rumah tangga keluarga adalah pemilik
   dari semua faktor produksi.  
2)  Total pendapatan rumah tangga keluarga
   berasal dari kompensasi factor produksi yang mereka miliki.  
3)  Kegiatan utama rumah tangga keluarga
   adalah konsumsi. konsumen. 
4)  Menghabiskan total pendapatan  untuk membeli barang dan jasa yang
   diproduksi oleh perusahaan. 
5)  Simpanan itu akan mengalir ke perusahaan
   dalam bentuk investasi | 
Siswa dapat mengidentifikasi
   ciri-ciri rumah tangga keluarga | 
17 | 
1 | 
C1 | 
mudah | ||
| 
Karakteristik
   rumah tangga produsen adalah: 
a)  Tidak memiliki sumber daya untuk
   memproduksi barang dan jasa. 
b)  Modal berasal dari rumah tangga
   keluarga. 
c)  Menggunakan faktor produksi dan
   melakukan kegiatan produksi, serta menjual barang dan jasa kepada rumah
   tangga keluarga. 
d)  Membayar pajak kepada pemerintah. 
e)  Tidak memiliki simpanan. | 
Siswa dapat mengidentifikasi
   ciri-ciri rumah tangga produsen | 
18 | 
1 | 
C1 | 
mudah | ||
| 
Sircular flow diagram dalam dua
   sector; perekonomian dua sektor terdiri atas dua pelaku ekonomi yaitu rumah
   tangga konsumsi dan rumah tangga produksi; kegiatan ekonomi yang terjadi
   merupakan proses yang melingkar dan berputar.  | 
Sisw dapat menentukan arus
   kegiatan Ekonomi yang merupakan arus faktor produksi dari Rumah Tangga
   Keluarga ke Rumah tangga Produksi | 
19 | 
1 | 
C3 | 
sedang | ||
| 
Konsumsi
   ialah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan faedah
   suatu benda (barang dan jasa) dalam rangka pemenuhan kebutuhan. 
Ciri-ciri
   benda konsumsi adalah: 
1)     Benda ekonomi atau benda yang untuk
   memperolehnya diperlukan pengorbanan, 
2)     Ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup 
3)     Manfaat, nilai, atau volume benda yang
   digunakan akan habis. | 
Siswa dapat menentukan  ciri-ciri benda konsumsi | 
20 | 
1 | 
C3 | 
sedang | ||
| 
Teori perilaku konsumen 
Hukum Gossen I  
Jika pemenuhan kebutuhan akan suatu
   barang dilakukan secara terus menerus, rasa nikmatnya mula-mula akan tinggi.
   Namun, makin lama kenikmatan tersebut makin menurun sampai akhirnya mencapai
   batas jenuh. | 
Siswa dapat menjelaskan  Hukum Gossen I | 
21 | 
1 | 
C2 | 
Sedang | ||
| 
Mengukur
   kepuasan konsumen melalui pendekatan ordinal dengan menggunakan kurva
   indiferensi didasarkan pada empat asumsi, yaitu sebagai berikut. 
a.     Konsumen mempunyai pola preferensi akan
   barang-barang konsumsi yang dinyatakan dalam bentuk peta indiferensi (indifference
   map). 
b.     Konsumen mempunyai pendapatan tertentu. 
c.     Konsumen berusaha mendapat kepuasan
   maksimum dari barangbarang yang dikonsumsinya. 
d.       
   Kurva
   indiferensi yang semakin jauh dari titik nol (origin) menggambarkan
   kepuasan yang semakin tinggi. 
17.   | 
Siswa
   dapat menentukan satu asumsi yang tidak termasuk  mengukur kepuasan konsumen melalui
   pendekatan ordinal dengan menggunakan kurva indiferensi | 
22 | 
1 | 
C3  | 
sukar | ||
| 
Imbalan yang diterima rumah tangga
   konsumsi bila memberikan faktor produksi : sumber daya alam: tanah = sewa
   (rent), tenaga kerja- upah, modal= bunga (interest), skill= laba (profit) | 
Siswa dapat menentukan imbal
   balas yang diterima rumah tangga konsumsi apabila menyerahkan factor
   produksi modal | 
23 | 
1 | 
C3 | 
sedang | ||
| 
Rumah
   tangga pemerintah memiliki fungsi utama mengendalikan perekonomian untuk
   mencapai tujuan ekonomi tertentu. | 
Siswa dapat menentukan fungsi
   rumah tangga pemerintah | 
24 | 
1 | 
C3 | 
sedang | ||
| 
3.4    
   Mendeskripsikan terbentuknya
   keseimbangan pasar dan struktur pasar | 
Menurut
   Prof.Dr. Winardi; “Permintaan jika dilihat dari sisi produsen adalah
   permintaan terhadap barang atau jasa karena diperlukan sebagai masukan atau
   input dalam kegiatan proses produksi, ….’ | 
Siswa dapat menentukan  definisi permintaan dilihat dari sisi
   produsen menurut Prof. Dr. Winardi. | 
25 | 
1 | 
C3 | 
sedang | |
| 
Faktor-faktor  yang memengaruhi permintaan: 
a.    Harga barang itu sendiri 
b.    Perubahan pendapatan
   masyarakat 
c.    Intensitas kebutuhan 
d.    Perubahan peradaban 
e.    Pertambahan penduduk | 
Siswa dapat menunjukkan
   factor-faktor yang tidak memengaruhi permintaan | 
26 | 
1 | 
C1   | 
sedang | ||
| 
Hukum permintaan 
  Jika harga suatu barang dan jasa
   meningkat, kuantitas yang diminta akan menurun. Sebaliknya, apabila harga
   suatu barang dan jasa menurun, kuantitas yang diminta akan meningkat, “ceteris
   paribus.” | 
Siswa dapat menyebutkan hukum
   permintaaan | 
27 | 
1 | 
C1 | 
mudah | ||
| 
Fungsi
   permintaan dan penawaran adalah fungsi bersifat matematis yang menghubungkan
   variable harga barang yang diminta (Pd) dan ditawarkan (Ps) dengan jumlah
   barang yang diminta (Qd) dan ditawarkan (Qs) | 
Siswa dapat menentukan fungsi
   permintaan atau fungsi penawaran | 
28 | 
1 | 
C3 | 
sukar | ||
| 
Kurva
   permintaan adalah kurva yang menggambarkan hubungan antara harga dan jumlah
   permintaan atau pembelian.  | 
Siswa dapat menentukan kurva
   permintaan | 
29 | 
1 | 
C3 | 
sukar | ||
| 
Proses
   terbentuknya harga dan jumlah (output) keseimbangan adalah proses tarik
   menarik antara kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran atas suatu barang
   dengan harga dan jumlah tertentu | 
Siswa dapat menentukan harga
   keseimbangan  | 
30 | 
1 | 
C3 | 
sukar | ||
| 
Elastisitas
   permintaan dan penawaran adalah ukuran tentang perubahan permintaan maupun
   penawaran yang dipengaruhi oleh perubahan harga pada waktu tertentu. | 
Siswa dapat menjelaskan
   pengertian elastisitas permintaan dan penawaran | 
31 | 
1 | 
C1  | 
sukar | ||
| 
Permintaan
   elastic adalah koefisien elastisitas permintaan lebih besar daripada 1
   (E>1) | 
Siswa dapat menghitung
   koefisien elastisitas = elastis | 
32 | 
1 | 
C3 | 
sukar | ||
| 
Pasar
   Persaingan sempurna (Perfect Competition Market ) adalah pasar di dalamnya
   terdappat banyak penjual, akan tetapi masing-masing penjual tidak bias
   memengaruhi harga pasar yang berlaku | 
Siswa dapat menunjukkan bentuk
   pasar persaingan sempurna | 
33 | 
1 | 
C1 | 
mudah | ||
| 
Bentuk-bentuk
   pasar persaingan tidak sempurna;  
Pasar
   Monopoli adalah bentuk pasasr dimana seluruh penawaranya dipegang oleh satu
   penjual atau satu produsen. | 
Siswa dapat menunjukkan bentuk
   pasar persainga tidak sempurna Pasar Monopoli | 
34 | 
1 | 
C1 | 
mudah | ||
| 
3.5        
   Mendeskripsikan bank sentral, sistem
   pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia | 
Salah
   satu fungsi bank sentral adalah Prudential  Supervision yaitu pengawasan Bank
   sentral yang diarahkan agar
   individual bank dijaga kelangsungan hidupnya sehingga kepentingan masyarakat
   dapat dilindungi | 
Siswa dapat menentukan salah
   satu fungsi bank sentral yaitu Prudential Supervision | 
35 | 
1 | 
C3 | 
sedang | |
| 
Peran
   Bank Sentral Republik Indonesia dalam Sistem Pembayaran menurut UU No. 23
   tahun 1999 adalah menjaga stabilitas nilai tukar rupiah  | 
Siswa dapat menunjukkan  UU No. 23 Tahun 1999 tentnang peran Bank
   Sentral Indonesia dalam system pembayaran | 
36 | 
1 | 
C1 | 
sedang | ||
| 
Jenis-jenis
   alat pembayaran non tunai: 
1)    Cek dan Bilyet Giro  (BG) 
2)    Kartu Debit (ATM) 
3)    Kartu Kredit 
4)    BI SKN (Bank
   Indonesia-Sistem Kliring Nasional) 
5)    KUPU (Kegiatan Usaha
   Pengiriman Uang)  | 
Siswa dapat menujukkan
   jenis-jenis alat pembayaran non tunai ; KUPU (Kegiatan Usaha Pengiriman
   Uang) | 
37 | 
1 | 
C1  | 
sedang | ||
| 
Unsur
   Pengaman Uang Rupiah memiliki ciri-ciri berupa tanda-tanda tertentu
   bertujuan mengamankan uang rupiah dari upaya pemalsuan diantarnya adalag
   Security Thread (Benang Pengaman. | 
Siswa dapat menentukan
   tanda-tanda tertentu bertujuan mengamankan uang rupiah dari pemalsuan yaitu
   Security Thread (Benang Pengaman) | 
38 | 
1 | 
C3 | 
mudah | ||
| 
3.6   Mendeskripsikan  lembaga jasa keuangan dalam perekonomian
   Indonesia | 
Otoritas
   Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga negara yang dibentuk berdasarkan UU
   No. 21 Tahun 2011 yang independen dan bebas dari campur tangan pihak lain,
   yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan,
   pemeriksaan, serta penyidikan terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa
   keuangan. | 
Siswa dapat menentukan dasar
   hokum Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu UU No 21 Tahun 2011 | 
39 | 
1 | 
C3 | 
Sedang | |
| 
Salah
   satu Produk Pembiayaan (Kredit) pada Bank Syariah adalah Al Bai’u Bitsaman
   Ajil yaitu pasilitas pembiayaan (Kredit) berupa barang dengan pembayaran di
   cicil sampai batas waktu yang telah ditentukan. | 
Siswa dapat menyebutkan
   pengertian Al Bai’u Bitsaman Ajil | 
40 | 
1 | 
C1 | 
mudah | 
catatan : tingkat kesukaran belum menggunakan kaidah penilaian,
hanya sebatas asumsi awal dalam penulisan kisi-kisi soal

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
mantap ada kisi-kisi Ekonomi :D
BalasHapus